Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta Dilantik

zulnas
zulnas

Batubara,zulnas.com ∼ Ikatan Mahasiswa Batubara (Ikambara) Yogyakarta periode 2019- 2020 dilantik, di digedung DPD RI Jalan Kusumanegara Yogyakarta Sabtu 16/03 pagi. Kegiatan Pelantikan mahasiswa Batubara yang menuntut ilmu di Yogyakarta Itu bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi persaudaraan antar sesama mahasiswa dari daerah Batubara.

Kegiatan pelantikan Ikambara di Yogyakarta itu dihadiri oleh sejumlah pejabat Batubara dan para tokoh Batubara yang bekerja diluar Daerah, diantaranya, Kadispora Batubara Ishak, H Elfi Harus Sh, M.Hum, Prof Dr Muhammad Nur, dan Tokoh-tokoh Muda yang Juga Putra Batubara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Batubara Ishak menyebutkan pemerintah Batubara saat ini sedang membangun MoU dengan sejumlah perusahaan dibidang CSR. Baik perusahaan Raksasa Inalum maupun perusahaan lainnya yang berada di Batubara.

“Kita berharap, CSR dari sejumlah perusahaan yang ada di Batubara dapat membantu pertumbuhan dibidang pendidikan di Batubara. Bantuan tersebut dapat diberikan melalui beasiswa kepada mahasiswa Batubara yang berprestasi dibidangnya”, Ujar Ishak.

Selain itu, Ishak juga menekankan kepada pemuda agar dapat memberikan kontribusi positif untuk perkembangan pembangunan Kabupaten Batubara. Pemuda juga diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan pemda Batubara, agar roda pembangunan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan dan visi misi bapak Bupati Batubara Zahir- Oky Iqbal Frima.

“Kita berharap pemuda mempunyai kontribusi yang positif untuk perkembangan Kabupaten Batubara. Saling komunikasi dengan Pemerintah dan menjadi agen of control disetiap pembangunan yang ada”, ujar Ishak.

Sementara itu, sebagai tokoh Pemuda Batubara Elfi Haris menjelaskan kepada pemuda agar dapat mengambil peluang apa saja yang dapat digali, terlebih lagi pemuda harus dapat terlibat langsung dalam tata kelola sumberdaya alam Batubara, sehingga sebagai peran agen perubahan, pemuda dapat menganalisis apa yang menjadi target pemerintah dalam sebuah pembangunan.

“Seorang Mahasiswa itu terletak pada level Profesional, ia mampu mendeteksi dan menganalisis dan memposisikan diri pada multi kepentingan untuk pembangunan di Batubara”, terangnya.

Ia juga menekankan pemuda agar dapat mengambil peluang apa saja sehingga bisa terlibat langsung dalam tatakelola Sumber daya alam Batubara. Mengenali diri mau diposisi apa yg sesuai dengan bakat seorang pemuda. Dan terlebih lagi adanya dukungan dari pemerintah daerah”, tegas Elfi Haris.

Prof Dr Muhammad Nur menjelaskan Pemuda harus segera mempersiapkan diri dari segala kemampuan agar dapat bersaing dikanca Nasional terkhusus dikabupaten Batubara. “Kuasailah bahasa Asing, bahasa Inggris, german, Mandarin dan lain sebagainya, sehingga ada nilai tawar tersendiri selain skil dan kemampuannya”, tegas profesor.

Ketua Ikambara Yogyakarta Muhammad Hagi dalam sambutannya mengatakan Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta adalah rumah pemersatu untuk Putra putri batubara yang sedang menimba ilmu di Yogyakarta.

Dikataknnya, Ikambara adalah rumah transit ketika datang ke Jogja sebelum perkuliahan dimulai, sehingga orang-orang tua dikampung melepaskan anak- anaknya tidak terlalu khawatir, karena sudah ada wadah perkumpulan Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta.

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Batubara dapat Memberikan bantuan agar Mahasiswa Batubara Yogyakarta mempunyai tempat tinggal minimal kontrakan, sehingga Mahasiswa baru bisa tinggal dirumah tersebut, selama ini ketika ada mahasiswa Batubara datang ke Jogja masih tinggal di kos- kosan kawan-kawan yang kecil dengan kondisi yang cukup memprihatinkan.

“Kita berharap kepada pemerintah Batubara dapat membantu mahasiswa asal daerah agar dapat mendorong kelancaran dan kemudahan Mahasiswa dalam menambah ilmu di Yogyakarta”, Ujar Hagi.

Kegiatan pelantikan dirangkai dengan kegiatan Dialog Publik dengan narasumber kompeten dengan thema “menggali potensi pemuda dalam mengoptimalisasi sumber daya alam di bumi melayu Batubara untuk generasi muda masa depan”. Kegiatan juga diselingi Tari-tarian melayu Batubara. ***Red

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *