Harga Cabai Hari Ini Tak ‘Sepedas’ Kemarin

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara –Tiga hari menjelang akhir tahun ini, cabai merah mengalami penurunan harga. Seminggu sebelum itu harga cabai diperoleh petani Kabupaten Batubara terasa ‘pedas’ mencapai Rp.43.000 ribu perkilo. Rabu (30/12/2020).

Di sentra pertanian cabai Desa Titi Merah Kecamatan Liima Puluh sekitarnya, cabai merah dipatok dengan harga Rp.30 ribu perkilo. Sehari sebelumnya harga diperoleh petani rp.40 ribu perkilo.

Syaiful (35) pengumpul cabai merah di desa itu mengatakan segala jenis cabai hampir setiap hari mengalami perobahan harga.

Informasi harga yang jadi patokan setelah tengah hari diperoleh dari berbagai sentra cabai. Itulah yang jadi pedoman harga beli para pengumpul ke petani.

Salah seorang pedagang saat membeli cabai dari petani Desa Titi Merah

Syaiful menerangkan naik turunnya harga cabai ditentukan berbagai faktor. Baik pasokan diberbagai daerah, curah hujan yang mengakibatkan cabai lembab tak bisa dikirim jauh maupun pasar tutup karena hari besar nasional dan agama.

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan di Desa Titi Merah sekitarnya areal tanam cabai mencapai 500 ha. Pada saat panen raya tahun ini antara bulan Desember sampai akhir Januari diperkirakan menghasilkan 100 ton cabai.

Hasil panen dijual ke berbagai daerah sekitar Sumatera Utara, Riau, Padang dan Jambi.prakiraan harga sampai awal Januari akan turun, namun Minggu kedua harga cabai kembali memedas disebabkan daerah sentral cabai belum banyak yang panen.

Masyarakat setempat yang ditemui zulnas.com, selasa 29/12 mengharapkan pemerintah daerah lebih lincah menangkap peluang besar ini agar pendapatan daerah dan petani cabai meningkat secara signifikan. Harapnya. ***Et

TAGGED: , ,
Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *