Kali Pertama, Zahir Luncurkan Koperasi Konsumen Handalkan Prodak UMKM Daerah

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara –Bupati Kabupaten Batubara Ir Zahir M.Ap mulai mendorong visi misinya dalam mewujudkan masyarakat Industri di Batubara. Dengan meluncurkan koperasi konsumen TP. PKK Batubara yang berbasis digital untuk pengembangan produk UMKM didaerahnya.

Tak ayal, 1000 prodak dari berbagai jenis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini sudah bisa langsung dipesan oleh konsumen dengan menggunakan aplikasi yang mudah, bahkan dengan menggunakan sistem pembayaran online dengan kerjasama pihak berbank-kan di Batubara.

Demikian disampaikan Bupati Batubara Ir Zahir M.Ap saat Peluncuran Koperasi Konsumen TP-PKK dan Web Batubara Mart di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading, Senin (05/10/2020).

Untuk mendukung program itu, Politisi Partai PDI Perjuangan itu-pun meminta peran serta para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat bersinergi dalam mengembangkan koperasi yang digagas TP PKK Batubara dengan prodak penjualannya mengandalkan usaha UMKM Batubara.

Teks Foto : Bupati Batubara Ir Zahir M.Ap pada acara Peluncuran Koperasi Konsumen TP-PKK dan Web Batubara Mart di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading, Senin (05/10/2020).

“Koperasi ini telah berdiri hari ini dan prosesnya singkat di awali Agustus 2020, dan hari ini sudah kita luncurkan. Harapan saya lengkapi isinya dan sempurnakan sistem manajemennya, karena batubaramart ini baru ada di Batubara, Tegas politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Ketua TP-PKK, Ny. Maya Indriasari Zahir, S.E, dalam pidatonya menjelaskan Koperasi yang dibentuk ini tidak bergulat dibidang simpan pinjam, tetapi koperasi konsumen.

Kedepan, kata Maya, kita ingin PKK Batubara dapat menjalin bekerjasama yang baik dengan semua instansi yang ada di Batubara. Tak hanya itu, TP PKK Batubara juga kedepan akan melakukan kerjasama dengan pemilik rumah makan atau chatering yang ada di Kabupaten Batubara.

Manfaat dari hadirnya Koperasi ini, diharapkan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Batubara, dengan menggandeng konsep visi misi Bupati Batubara, maya menyakini masyarakat Industri Batubara dapat lahir sebagaimana cita kita bersama.

“Dengan memajukan koperasi ini maka diharapkan majunya ekonomi masyarakat Batubara, karena koperasi ini di bentuk untuk membantu pemasaran seluruh produk- produk UMKM di Kabupaten Batubara baik secara online maupun offline,” Ujar Istri tercinta Bupati Batubara itu.

Teks Foto : Bupati Batubara Ir Zahir M.Ap pada acara Peluncuran Koperasi Konsumen TP-PKK dan Web Batubara Mart di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading, Senin (05/10/2020).

Ketua Tim Digital Marketing Batubara-Mart M. Taufik Kamil memaparkan konsep aplikasi Batubaramart ini dibuat Web batubaramart, untuk memudahkan pembeli mengakses info produk- produk khas Kabupaten Batubara, seperti kain songket, makanan khas, dan kerajinan tangan yang bekerja sama dengan UMKM dan TP-PKK Kabupaten Batubara.

Disini, katanya, Produk- produk khas Batubara dapat di akses melalui via Web www.batubaramart.com, dengan akun Facebook Batu Bara Mart, ig : batubaramart. Untuk memudahkan pelanggan, dalam hal melakukan pembayaran, Batubara Mart juga telah menjalin bekerja sama dengan berbagai pihak Bank seperti Bank BCA, BRI, BNI serta pembayaran untuk dalam wilayah Kabupaten Batubara bisa dengan menggunakan metode pembayaran cash on delivery (COD).

Tak hanya itu, Koperasi ini juga memberikan kemudahan bagi siapa saja yang mau bertransaksi dengan banyak pihak pelayanan antar jasa barang seperti JNE, si cepat dan JNT untuk memanjakan konsumen dan memudahkan pengiriman barang.

Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP mengaku sangat mengapresiasi atas peluncuran koperasi dan Web Batubara Mart. Dalam pemasaran produk pasti berkenaan dengan bentuk kemasan/packing, untuk itu saya instruksikan kepada dinas terkait agar di bangun rumah kemasan/packing di Batubara pada Tahun anggaran 2021 mendatang.

Teks Foto : Bupati Batubara Ir Zahir M.Ap pada acara Peluncuran Koperasi Konsumen TP-PKK dan Web Batubara Mart di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading, Senin (05/10/2020).

Dengan demikian, Kabupaten Batubara maju selangkah dalan dunia digital dan perkembangan bisnis kuliner, Batubara Mart ini salah satu gagasan dalam hal kemajuan teknologi digital marketing di Batubara.

Sehingga produk yang di pasarkan terlihat menarik dan menunjang peningkatan penjualan menjadi lebih baik. Dengan tujuan ekonomi dikalibrasi dengan konsep ibadah “Dari Kita Oleh Kita Untuk Kita”. Agar ekonomi masyarakat Batubara terus berkembang lebih maju dan baik, terlebih di masa suasana wabah pandemi Covid-19 saat ini.

TP-PKK juga dapat memacu kelompok bina ibu- ibu PKK di desa- desa di Kabupaten Batubara untuk terus membantu usaha warganya, agar terciptanya ekonomi yang bagus. TP-PKK juga harus saling berjalan dengan seluruh OPD Kabupaten Batubara, Darma Wanita untuk kepentingan masyarakat Batubara.

“Produk- produk yang akan di pasarkan diharapkan dapat lebih kompetitif dengan harga pasaran dan untuk manajemennya harus mulai di lengkapi dengan berbasis aplikasi yang menarik. Ungkapnya. ****

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *