Tinjau SMK Negeri 1 Medang Deras, Kadis Pendidikan Sumut Lewati Sungai dan Lumpur

zulnas
zulnas

zulnas.com, Batubara — Baru-baru ini, Kadis Pendidikan Propinsi Sumatera Utara Dr. H. Asren Nasution M.A didampingi sejumlah pejabat melakukan giat peninjauan salah satu sekolah SMK Negeri di Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara.

Dalam kunjungan turun kelapangan itu, Asren yang juga putra daerah Batubara didamping Abdul Kadir Simorangkir, M.Si sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdis) Wilayah V, serta pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) Sulistio.

Bersama rombongan yang turun itu, Asren terlihat kewalahan menghadapi medan jalan yang ekstrim berlumpur dan melewati beberapa sungai. Asren mengaku heran, kenapa lokasi pendidikan itu terletak di kawasan hutan bakau.

Asren berjalan menginjak air dan lumpur serta daun kayu laut untuk menjaga keseimbangan saat menuju sekolah tersebut, (seperti poto diatas) lokasi hanya memiliki satu jalur menuju SMK itu dan kini jembatan penghubung ke sekolah sudah rusak, sehingga kelayakan bangunan untuk digunakan sudah tidak memadai dan kini SMK Negeri 1 Medang Deras di lokasikan ke SMA Negeri 1 Medang Deras agar proses belajar – mengajar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Harapan terbaik, dari hati Ketua MKKS SMK Kab. Batubara Sulistio, semoga bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Asren Nasution, M.A dapat mewujudkan relokasi SMK Negeri 1 Medang Deras, agar keberadaannya dapat menjadi sarana yang menghantarkan anak tempatan menjadi siap kerja dan bersaing di kawasan industri Kuala Tanjung khususnya dan industri nasional umumnya.

“Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 ini sudah tidak layak beroperasi. Dari kunjungan pejabat Pemkab Batubara hingga Pejabat Pemprov Sumatera Utara yang sudah berkali – kali meninjau medannya terlalu ekstrim,” kata Asren, Rabu (24/5/23).

Perencanaan SMK Negeri 1 Medang Deras dimulai sejak tahun 2015 dan dibangun pada tahun 2016 hingga rampung di tahun 2017, proses perencanaan serta pembangunan SMK Negeri tersebut, ketika masih berada dibawah naungan Pemerintah Kabupaten Batubara.

Dia-pun berharap kedepan ada solusi yang baik untuk perbaikan jalan dan jembatan yang dapat membuka akses penghubung dilokasi pendidikan tersebut. (Adn)

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *