Kejati Sumut Ingatkan Jaksa Jangan Main-main Dengan Perkara Pidana

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara — Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kasi Penkum Kejatisu) Yos A Tarigan mengingatkan kepada jajaran korps agar berhati-hati dalam menjalankan tugas didaerah.

Dengan menjaga nama baik institusi dan berintegritas dalam menjalankan tugas secara profesional, diharapkan tidak bermain-main dalam perkara pidana.

Hal itu ditegaskan Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kasi Penkum Kejatisu) Yos A Tarigan dalam pres release Minggu (14/5/23) malam terkait penangan salah satu oknum jaksa di Kabupaten Batubara,

Tarigan menjelaskan oknum Jaksa Ekt alias Eva terlibat dugaan kasus pemerasan di Batubara, akibatnya, oknum jaksa tersebut kini dicopot dari jabatannya dan diambil alih penanganannya lebih lanjut oleh Kejati Sumut.

Bahkan dugaan pemerasan terhadap oknum tersebut sempat viral disejumlah media sosial. Salah satu orang tua tersangka dari Kasus Narkoba sempat merekam saat serah terima uang dalam dugaan penangan kasus perkara.

Berdasarkan siaran pers nomor :123/Penkum/05/2023, Kepala Seksi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Yos A Tarigan mengungkapkan kasus terhadap tersangka Ekt kini sudah diambil alih Kejati Sumut.

Yang bersangkutan juga sudah dicopot dari jabatannya dan dipindah tugaskan ke Kejati Sumut untuk penanganan lebih lanjut terhadap kasusnya.

Yos A Tarigan menjelaskan bahwa jaksa tersebut sudah diperiksa di Bidang Pengawasan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah mengambil langkah-langkah bahwa telah dilakukan pengamanan terhadap oknum Jaksa berinisial EKT tersebut, dan oknum jaksa tersebut telah dibebaskan dari jabatan jaksa untuk sementara waktu.

Diketahui dari hasil pemeriksaan Jumat tanggal 12 Mei 2023 lalu, Jaksa EKT telah diserahkan ke bidang Pengawasan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bahwa Pemeriksaan dilakukan berdasarkan Surat Perintah Inspeksi Kasus dengan nomor Surat Perintah Nomor: PRINT-23/L.2/H.I.1/05/2023 tanggal 12 Mei 2023 untuk melakukan Inspeksi Kasus terhadap oknum Jaksa EKT.

Lalu, atas dasar surat perintah tersebut hari Senin tanggal 15 Mei 2023 akan dilakukan pemeriksaan terhadap oknum Jaksa EKT, Pihak Pelapor dan pihak-pihak terkait.

Kemudian, apabila nanti dalam pemeriksaan Pengawasan terbukti, maka oknum jaksa tersebut akan diproses lebih lanjut sesuai aturan hukum yang berlaku.

Tak hanya itu, Tarigan juga mengingatkan apabila ada jaksa yang terbukti melakukan kesalahan maka akan ditindak tegas.

Jaksa Agung RI, selalu mewanti-wanti terhadap jajaran untuk tidak bermain-main terhadap penanganan perkara didaerah masing-masing.

Oleh karena itu tidak ada tempat bagi jaksa yang menyelewengkan jabatan jaksanya.

Secara terpisah, Kasi Intel Kejari Batubara Doni Harahap membenarkan pres release yang dikeluarkan Kejati Sumut terhadap dugaan kasus pemerasan oknum Kejari Batubara.

“Ia pres release-nya sudah terbit, dan yang bersangkutan juga sudah dipindah tugaskan ke Kejati Sumut untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” kata Doni kepada zulnas.com, melalui via telpon, Minggu (14/5/23) malam.

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *