Ganjar Diumumkan Capres 2024, Kader PDI-P Surakarta Semir Rambut Jadi Putih

zulnas
zulnas
Para kader yang baru saja disemir putih rambutnya, di kediaman Ketua Umum DPC PDI-P Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023).
Para kader yang baru saja disemir putih rambutnya, di kediaman Ketua Umum DPC PDI-P Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023).

Zulnas.com, Surakarta — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah resmi diumumkan sebagai bakal calon presiden (Capres) dari PDI-P. Pengumuman tersebut lantas disambut gembira segenap kader pada tingkatan Dewan Pimpinan Cabang PDI-P Kota Surakarta.

sebagai bentuk dukungan, kader PDI Perjuangan kota Surakarta tersebut kemudian membuat aksi semir rambut putih, hal itu dilakukan untuk menunjukkan dukungan penuh atas pilihan sang ketua umum Ibu Megawati Soekarnoputri.

Dilansir dari media Kompas, Sabtu (22/4/2023), Penyemiran rambut dilakukan di Kantor ”Darurat” Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023) sore.

Aksi itu berlangsung hanya beberapa saat setelah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengumumkan bakal calon presiden pilihannya, di Istana Batutulis, Kota Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, para kader bersama-sama menyimak pengumuman itu dalam Rapat Partai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P ke-140 secara daring.

Terdapat lebih dari 15 kader yang rambutnya turut disemir putih. Bahkan, beberapa ada yang mengecat kulit kepalanya gegara rambutnya sudah habis atau botak. Bukan hanya anggota partai yang ikut memutihkan rambut. Ada juga kader lain yang sudah masuk ke dalam struktur partai yang turut serta. Salah satunya ialah Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Rekruitmen DPC PDI-Perjuangan Kota Surakarta YF Sukasno.

Dua kader dari DPC PDI-P Kota Surakarta melakukan aksi semir rambut, di kediaman Ketua Umum DPC PDI-P Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023).

”Pak Ganjar itu identik dengan rambut putih. Kami coba mengekspresikan dukungan dengan ikut semir rambut semuanya,” kata Sukasno.

Baca Juga : Megawati Tetapkan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024, Zahir Pimpin Do’a

Sukasno menambahkan, aksinya itu juga sebagai bentuk kepatuhannya sebagai kader partai. Selama ini, ia telah mengikuti arahan untuk tidak berbicara mengenai pencalonan presiden sebelum adanya calon pasti dari ketua umum. Dengan dipastikannya sosok calon presiden, pihaknya siap bergerak turun ke bawah guna memenangkan Ganjar dalam Pemilu 2024 kelak.

”Sekarang, begitu Bu Mega menyampaikan instruksi, kami bergerak. Setiap pembicaraan di masyarakat, di wedangan, di mana pun, kami akan selalu bicara soal Pak Ganjar biar menang sebagai presiden,” kata Sukasno.

Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan, aksi semir rambut muncul atas inisiatif kader sendiri-sendiri. Pihaknya tidak pernah mengarahkan. Para kader dibebaskan menunjukkan ekspresinya dalam memberikan dukungan kepada Ganjar. Syaratnya, jangan sampai ekspresi dukungan itu mengganggu kepentingan masyarakat umum.

”Yang terpenting, tanggal 14 Februari 2024, Ganjar Pranowo minimal (menang) 70 persen. PDI-P minimal bisa dapat 35 kursi di Kota Surakarta. Kami ingin membangun monumen kemenangan,” ucap Rudyatmo, yang juga akrab disapa Rudy.

Rudy mengungkapkan, pihaknya siap memenangkan calon presiden yang telah ditetapkan oleh ketua umum partainya. Segala usaha akan dilakukannya. Selama puasa, misalnya, pihaknya selalu melakukan konsolidasi dengan para kader setidaknya dua kali sehari.

Tentunya, saya matur nuwun sekali pada beliau berdua, Bu Mega dan Mbak Puan. Beliau adalah sosok Kartini yang mempunyai jiwa nasionalisme luar biasa.

Di sisi lain, Rudy meyakini, pilihan yang ditentukan oleh Megawati sudah melalui kontemplasi panjang. Ia menghormati sepenuhnya keputusan tersebut. Lebih-lebih pengumuman dilakukan pada hari yang baik, bertepatan dengan Hari Kartini.

”Tentunya, saya matur nuwun sekali pada beliau berdua, Bu Mega dan Mbak Puan. Beliau adalah sosok Kartini yang mempunyai jiwa nasionalisme luar biasa. Yang tidak perlu diragukan lagi, beliau adalah kader partai pemersatu PDI-P,” kata Rudy.

Rudy menilai, tidak perlu memberikan selamat kepada Ganjar. Ucapan selamat baru diberikan jika kelak bisa benar-benar keluar sebagai pemenang dalam Pemilu 2024. Ia hanya berpesan kepada Ganjar untuk menjadi pemimpin yang selalu siap menjalankan tugas partai. Pihaknya juga meminta Ganjar agar jangan malu sebagai seorang kader.

”Tak berharap penghargaan dan tak berharap pengakuan. Saya harap Ganjar juga seperti itu. Bekerja untuk rakyat,” kata Rudy. ***Komp

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *