Zahir Sebut Pembangunan Gedung BLK Kurangi Pengangguran di Batubara

zulnas
zulnas
Bupati Batubara Zahir didampingi Ketua Kadin Batubara OK Faizal dan Ketua Gemkara Batubara Khairul Muslim dan Dinas Terkait pada acara pengguntingan pita sebagai tanda gedung BLK Batubara di resmikan
Bupati Batubara Zahir didampingi Ketua Kadin Batubara OK Faizal dan Ketua Gemkara Batubara Khairul Muslim dan Dinas Terkait pada acara pengguntingan pita sebagai tanda gedung BLK Batubara di resmikan.

Zulnas.com, Batubara — Bupati Batubara Zahir meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Jalan Lintas Sumatera, Desa Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar. Zahir menyebut Pembangunan Gedung tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran didaerah setempat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batubara Zahir melalui Press release Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batubara Edwin Sitorus, Selasa (21/3/2023).

Melalui pasilitas BLK yang dibangun itu, Pemerintah setempat akan menggenjot kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Batubara, sehingga kualitas yang ada dapat berdaya saing, melalui Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian dan Perdagangan membangun UPTD Balai Latihan Kerja dapat berperan penting.

Peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Zahir. Politisi PDI Perjuangan itu juga memberikan atribut dan perlengkapan pelatihan kepada seluruh peserta secara simbolis.

Bupati Batubara Zahir didampingi Ketua Kadin Batubara OK Faizal dan ketua Gemkara Batubara Khairul Muslim dan Dinas Terkait saat penandatanganan prasasti, Selasa (21/3/2023).

Pembangunan Gedung BLK Janji Politik

Zahir mengatakan Balai Latihan Kerja ini merupakan janji politiknya kepada Gerakan Masyarakat Batubara (Gemkara) yang hari ini direalisasikan untuk membentuk tenaga kerja yang terampil dan siap kerja.

Baca Juga : Disnaker Tunda Penerbitan Rekomendasi Tenaga Kerja Luar Negeri

Dirinya juga menjelaskan akan melakukan MoU dengan pemangku kepentingan di Kabupaten Batubara agar para peserta pelatihan kerja di BLK ini mendapatkan tempat kerja yang baik.

“BLK Ini merupakan salah satu solusi untuk mengurangi pengangguran di Batubara. Dengan adanya BLK maka anak-anak di Batubara akan dilatih keterampilannya,” sebut Zahir.

Tak Hanya itu, Peserta BLK nantinya akan dapat ditampung ketika ada perusahaan membutuhkan yang sesuai dengan keterampilan yang dipelajari, oleh karena itu, maka akan diterima di perusahaan tersebut sehingga berkurang lah pengangguran di Batubara ini,” Sebutnya.

Turut hadir dalam peresmian BLK tersebut, Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batubara OK Faizal, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian dan Perdagangan Buhari Imran, Kadis Kominfo Batubara Edwin Aldrin Sitorus, Camat Datuk Tanah Datar Efendi, Kepala UPTD Balai Latihan Kerja, kepala desa se-Kabupaten Batubara dan Ketua Gemkara Batubara Khairul Muslim.

Bupati Batubara Zahir didampingi Ketua Kadin Batubara OK Faizal saat melihat fasilitas Gedung BLK Batubara

Pasilitas Gedung BLK

Sekedar diketahui, Balai Latihan Kerja ini berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar dan memiliki sejumlah fasilitas seperti workshop barista, workshop las, workshop otomotif, workshop menjahit, workshop komputer, dan workshop listrik/AC.

Semua pasilitas itu dibangun untuk menunjang kelancaran gedung BLK dalam pemanfaatan latihan kerja dari putra-putri masyarakat Batubara.

Masing-masing dari ruangan workshop atau bengkel kerja ini telah dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan kerja untuk latihan.

Selain workshop, fasilitas lain juga disediakan untuk mendukung program kerja BLK ini seperti ruangan teori, tata usaha, administrasi, fasilitas toilet dan fasilitas asrama putra  putri. Saat ini ada sebanyak 64 peserta pelatihan yang siap dilatih. ***Zn

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *