HUT Batubara ke -15, Ini Pidato Bupati Zahir

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara — Pemerintah eksekutif dan legislatif Kabupaten Batubara Propinsi Sumatera Utara menggelar paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Batubara yang ke-15 digedung dewan setempat, Rabu, (8/12/2021).

Sidang istimewa hari jadi Kabupaten Batubara tersebut langsung dipimpin oleh ketua DPRD Kabupaten Batubara M, Syafi’i, wakil Pimpinan Ismar Khomri dan Syafrizal dan dihadiri oleh sejumlah organisasi termasuk Gemkara yang merupakan salah satu organisasi yang ikut andil dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk memisahkan diri dari Kabupaten Asahan.

Bupati Batubara Zahir dalam pidatonya menyampaikan situasi pandemi covid-19 telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian global, nasional, juga berdampak pada perekonomian daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Batubara.

Pada tahun 2019, Zahir menerangkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batubara sebesar 4,35%, dan pada tahun 2020 menurun menjadi -0,31%, akibat dampak dari pandemi covid-19.

Sementara angka indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2019 sebesar 68,35% meningkat pada tahun 2020 menjadi 68,36%, sedangkan angka persentase kemiskinan pada tahun 2019 sebesar 12,14% berhasil diturunkan pada tahun 2020 menjadi 11,88%. Selanjutnya, untuk tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2019 sebesar 6,69%, dan pada tahun 2020 menurun menjadi 6,48%.

Peningkatan Sarana dan Prasarana

Bupati Zahir mengaku berbagai upaya pencapaian visi, misi pemerintah Kabupaten Batubara, terus dilakukan secara berkelanjutan. seperti pemenuhan kebutuhan di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, peningkatan kualitas infrastruktur jalan, bangunan, irigasi, pemberian bantuan sarana prasarana produksi dan lain sebagainya.

Pemenuhan atas layanan kesehatan yang dilakukan, kata politikus PDI Perjuangan itu antara lain dengan penyediaan sarana prasarana kesehatan seperti obat-obatan, alat kesehatan, pemberian tambahan makanan, vitamin, pembinaan, pelatihan tentang kesehatan.

Bupati Batubara Zahir didampingi Oky Iqbal Frima saat foto bersama Organisasi Gemkara sebagai pejuang pemekaran Batubara

Dalam konteks itu, termasuk dalam situasi pandemi covid-19 juga telah dilakukan program VAKSINASI covid-19 kepada tenaga SDM kesehatan, pelayanan publik, masyarakat, lansia dan remaja. Dengan jumlah total peserta vaksinasi pertama sebanyak 218.348 jiwa, dan total vaksinasi kedua sebanyak 147.263 JIWA.

Pemenuhan layanan pendidikan di tahun 2021 antara lain dilakukan dengan peningkatan sarana prasarana pendidikan seperti pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas baru, pembangunan ruang guru, pembangunan ruang ramah ANAK dan lain sebagainya.

selain itu, juga dilakukan pemberian bantuan kepada guru di Kabupaten Batubara, pemberian bantuan sosial kepada mahasiswa.

Pemenuhan layanan di bidang sosial dengan melakukan program rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial serta pemberdayaan sosial, seperti pemberian peralatan usaha dan penyediaan alat bantu bagi penyandang disabilitas, mengoptimal-kan fungsi rumah singgah, meningkatkan pelayanan terhadap layanan data dan pengaduan penerima bantuan sosial dengan fasilitas mobil layanan data keliling melalui aplikasi sistem bantuan dan infomasi kesejahteraan sosial, serta tersedianya ruang layanan dan pengaduan.

Selain itu, juga dilakukan pemberian bantuan bagi keluarga veteran, pemberian bantuan logistik bagi korban bencana, penyediaan mobil dapur umum bagi korban bencana, pembinaan kepada pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan lain sebagainya.

Tahun 2022, Zahir Bangun Kantor Bupati

Peningkatan layanan kualitas infrastruktur jalan diarahkan pada kawasan potensi ekonomi dalam rangka memperlancar transportasi dan perekonomian daerah.

Panjang jalan kabupaten dalam kondisi mantap di tahun 2020 sebesar 72,09% dan ditargetkan pada tahun 2021 akan mencapai 74%. Peningkatan infrastruktur juga dilakukan di tahun 2021, dengan melakukan pembangunan gedung pelayanan publik seperti pembangunan kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (Capil), pembangunan gedung dekranasda, pembangunan workshop umkm, pembangunan rest area dan pemasaran UMKM, selain itu dilakukan juga penataan di beberapa kawasan.

Bupati Batubara Zahir-Oky saat memberikan penghargaan kepada Rizky Aryetta mewakili eks Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, pada acara HUT Batubara ke-15 di Gedung Dewan

Khusus untuk rencana pembangunan komplek perkantoran pemerintah Kabupaten Batubara bahwa saat ini tahapan yang dilakukan adalah pengadaan tanah yang merupakan areal HGU PT Socfindo, dan telah memasuki tahap final dengan melakukan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian yang dihadiri oleh pihak BPN asahan dan PT. Socfindo pada tanggal 7 desember 2021 kemarin, serta pemerintah Kabupaten batubara menargetkan pembangunan komplek perkantoran tersebut akan mulai di realisasikan pembangunannya pada tahun 2022 mendatang.

Prestasi Kabupaten Batubara

Selama tiga ini, Zahir menjelaskan berbagai prestasi dan penghargaan telah diperoleh. pada aspek pengelolaan anggaran Kabupaten Batubara telah beberapa tahun ini mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari badan pemeriksa keuangan (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara.

Untuk indeks daya saing daerah Kabupaten Batubara pada tahun 2021 dengan predikat tinggi, sementara indeks inovasi daerah Kabupaten Batubara denagn predikat inovatif. Pada tahun 2021 ini juga, Kabupaten Batubara menerima beberapa penghargaan antara lain, penghargaan tertinggi manggala karya kencana (MKK) karena mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

Selain itu, juga menerima penghargaan anugerah parahita ekapraya, penghargaan ini diberikan atas keberhasilan dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui pengarusutamaan gender.

Pada tahun 2021, Kabupaten Batubara juga meraih peringkat 4 (empat) pada lomba inovasi tingkat Provinsi Sumatera Utara dengan inovasi rumah kemasan. Selanjutnya, menerima penghargaan indonesia awards tahun 2021 yang diberikan dalam kategori digital transformation yaitu penerapan teknologi digital pada pelayanan masyarakat.

Di usia yang ke-15 tahun Kabupaten Batubara, tentunya masih banyak hal yang harus dilakukan untuk pembangunan dan kesejahteraan dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang kita miliki secara profesional didukung peran serta seluruh stakeholder, saya optimis akselerasi laju pembangunan pada semua sektor akan lebih tingkatkan. **** zulnas

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *