KPU Batubara Sebut 4 Partai Ini Berkas Pendaftarannya Belum Lengkap. Partai Apa Saja?

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara — KPU Daerah Kabupaten Batubara telah menyelesaikan masa pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif daerah setempat, Minggu (14/5/23) malam sekitar pukul 23 : 59 Wib.

Dari 18 Partai Politik Kabupaten Batubara yang mendaftarkan Bacaleg-nya, ada 4 partai yang belum mengajukan Bacaleg-nya hingga masa berakhir masa registrasi pendaftaran, Minggu malam.

Dilansir dari media, Analisadaily.com, Senin (15/5/23) 4 partai yang belum mendaftarkan Bakal Caleg Partainya adalah partai Buruh, Partai PSI, Partai Garuda dan Partai Gelora.

Sedangkan 14 Partai yang sudah terdaftar dan teregistrasi sebagai peserta Bakal Calon Anggota Legislatif terdiri dari PDIP, Nasdem, Hanura, PKS, PBB, PAN, Demokrat, PKB, Perindo, PPP, Golkar, Gerindra, Ummat dan PKN.

Kordinator Devisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batubara, Erwin mengatakan pihaknya secara resmi menutup masa pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Minggu, 14 Mei 2023, tepat pukul 23.59 WIB, secara resmi ditutup. Hasilnya, 18 Partai Politik melakukan pendaftaran dan empat Parpol berkasnya dikembalikan, dan sampai Pukul 23:59 Wib tidak kunjung kembali untuk melakukan registrasi ulang dan mengajukan bacalon anggota DPRD ke KPU Batubara,” ujarnya, Senin (15/5).

Erwin menjelaskan, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari hari pertama pendaftaran, 1 Mei sampai dengan hari ini, 14 Mei 2023.

Selanjutnya, kata Erwin, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/ kota, akan dilakukan verifikasi (vermin) dokumen persyaratan Bakal Calon mulai 15 Mei – 23 Juni 2023.

“Proses vermin tersebut akan dikerjakan oleh Tim Verifikator,” ucapnya.

Erwin mengatakan, pasca proses vermin, pihaknya juga masih memberikan kesempatan bagi bacalon maupun parpol untuk melakukan perbaikan jika ditemui dokumen yang belum absah.

“Masa perbaikan dilakukan mulai 26 Juni – 9 Juli 2023,” ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Batubara Amin Lubis saat dikonfirmasi zulnas.com, melalui via telpon seluler Senin (15/5/23) belum mengangkat handphonenya. (Dan).

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *