6 Lokasi Wisata Terpopuler di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara

zulnas
zulnas
Wisata Pulau Salah Nama di Kabupaten Batubara
Wisata Pulau Salah Nama di Kabupaten Batubara

Zulnas.com, Batubara — Saat musim liburan, banyak wisatawan mencari tempat kunjungan Wisata khususnya di Sumatera Utara (Sumut). Tak pelak, Sumut dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia.

Selain propinsi yang terbesar di Indonesia, Sumatera Utara juga memiliki potensi wisata yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Kamu dan siapa saja bisa menemukan beragam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas. Semua jenis wisata tersebut tentu bisa kamu rasakan saat berlibur di Sumatera Utara di berbagai daerah Kabupaten/Kota.

Tak hanya menawarkan pesona yang mengagumkan, masing-masing tempat wisata berikut juga memiliki kisah serta keunikan yang menarik untuk diketahui. Jika kamu berencana mengunjungi Sumatera Utara dalam waktu dekat, mari simak rekomendasi 7 tempat wisata yang terpopuler Khususnya di Kabupaten Batubara.

Gedung Istana Niat Lima Laras
  1. Istana Niat Lima Laras

Istana Niat Lima Laras adalah salah satu Istana kerajaan Melayu pesisir yang berada di Kabupaten Batubara Provinsi Sumatra Utara.

Istana Niat Lima Laras terletak di kawasan pemukiman/perkampungan nelayan yang dibangun berawal dari nazar atau niat seorang Datuk Matyoeda Sri Diraja (Raja Kerajaan Lima Laras XII) yang dikenal dengan nama Datuk Muhammad Yuda, putera tertua dari seorang Raja yaitu Datuk Haji Djafar gelar Raja Sri Indra (Raja Kerajaan Lima Laras XI.

Menurut Datok Muhammad Azminsyah (64) beliau  adalah cucu atau keturunan Muhammad Yoeda yang ke 13 Istana ini dibuat berdasarkan Niat Muhammad Yoeda untuk mendirikan sebuah Istana pada pemerintahannya sehingga diberi nama Istana Niat. Kerajaan Lima Laras sebelum memiliki Istana pemerintahan kerajaannya tunduk pada Kesultanan Siak di Riau dan sejak abad ke 16 sering berpindah-pindah.  

Raja Kerajaan Niat Lima Laras Muhammad Yoeda wafat pada tahun 1919 yang sekaligus menandai berakhir masa kejayaannya dan saat ini keturunan yang mewariskan peninggalan tersebut adalah Datok Muhamad Azminsyah (64) yang merawat dan memelihara istana tersebut.

Wisata Pemandian Singapore Land Waterpark Batubara
  1. Singapore Land Waterpark Batubara

Singapore Land Waterpark Batubara terletak di Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara Propinsi Sumatera Utara. Dilokasi itu, menawarkan berbagai macam wahana air, kolam ombak yang menawarkan ombak seperti di pantai yang sesungguhnya, kolam arus yang bergerak mengelilingi waterpark, kolam anak, super bowl dan lainnya.

Nikmati berbagai macam menu khas di restoran atau cafe kami yang berada di dalam maupun luar wahana.

Singapore Land Waterpark Batubara ini adalah salah satu Icon wisata di Kabupaten Batubara. Dibangun oleh owner Jhonatal Pangaribuan beberapa tahun lalu, lokasi ini kini menjadi salah satu lokasi populer untuk berwisata di Kabupaten Batubara.

Lokasi Wisata Pantai Bunga
  1. Pantai Bunga

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa pantai ini dinamakan Pantai Bunga. Apakah karena di pantainya banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga? Jika yang terbesit dibenak anda adalah demikian tentu saja jawabannya tidak tepat. Yah, sayangnya sampai ulisan ini ditulis sama sekali tidak ada informasi akurat kenapa nama pantai ini dinamakan Pantai Bunga. Padahal tidak ada satupun bunga di pantai ini.

Walaupun demikian nama tersebut faktanya membawa hoki tersendiri, loh. Tidak henti-hentinya hampir setiap hari banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Bunga baik itu wisatawan lokal maupun berasal dari luar daerah Kabupaten Batubara. Jika hari hari besar yang mengunjunginya justru jauh lebih membludak lagi. Contohnya setelah upacara kemerdekaan 17 Agustus lalu, Pantai Bunga benar-benar tumpah ruah disesaki oleh para penggila pantai.

Dalam hari-hari besar, beberapa personil polisi juga hadir disekitaran pantai untuk mengawasi para wisatawan yang sedang menikmati indahnya lautan saat air mulai pasang.

Pantai Bunga berdampingan langsung dengan Pantai Bali. Dipinggiran pantai dipenuhi oleh deretan batu. Batu batu tersebut tampak kasar meruncing diakibatkan karena terjangan ombak.

Lokasi Wisata Pantai Alam Datuk
  1. Pantai Alam Datuk

Lokasinya berada di tepi pantai merupakan keunggulan tersendiri objek wisata ini. Tidak saja area pantainya yang menjadi magnet, berbagai wahana dan ornamen buatan juga menambah keunikan pantai ini.

Tak salah objek wisata ini menjadi destinasi incaran wisatawan terutama kaum muda. Objek wisata pantai yang disulap dengan dekorasi-dekorasi unik dengan konsep wisata kekinian. Dengan suasana sejuk dan asri, hal ini menambah daya tarik bagi para wisatawan. 

Wisata Pantai Sejarah
  1. Pantai Sejarah

Pantai Sejarah yang terletak di Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara kini semakin elok dan berbenah. Hal itu tak lepas karena dukungan yang diberikan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian warga.

Pantai Sejarah merupakan kawasan destinasi di alam terbuka yang menghadirkan empat objek wisata menarik yaitu? Pantai Perupuk, destinasi Kampung Jepang, arena rekreasi dan pusat konservasi tanaman tepi laut yang semuanya dapat dijumpai di jalur timur Kabupaten Batubara.

Pada masa perang dunia ke II, keunggulan pantai ini bahkan sudah terbaca oleh tentara Nippon ketika melakukan ekspansi ke Indonesia tepatnya di kawasan Pulau Sumatera, Batubara. Pada masanya, mereka membangun area pertahanan khusus yang sekarang disebut Bunker Jepang.

Sekutu kemudian dapat mencium benteng pertahanan Jepang di kawasan pantai ini lalu menghancurkannya. Kini beberapa peninggalannya masih terlihat dan membekas di kawasan pantai sejarah ni.

Seiring waktu, lokasi ini kian ramai didatangi wisatawan. Pemerintah Kabupaten Batubara berencana akan mengembangkan kawasan wisata pantai ini.

Wisata Pulau Salah Nama di Kabupaten Batubara
  1. Pulau Pandang dan Salah Nama

Pulau Pandang adalah salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara yang memiliki penorama bawah laut yang sangat cantik dengan dihiasi oleh terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni. Airnya pun cukup jernih berwarna biru toska dengan ombak yang cukup tenang, sehingga akan menggoda siapa saja untuk segera menceburkan diri di sana.

Selain itu, Pulau Pandang juga memiliki landscape yang cukup unik dengan 3 karakteristik yang berbeda. Karena jika kamu berkunjung ke sisi timur pulau yang menghadap langsung ke Malaysia, maka kamu akan mendapati pantai dengan pasir putih yang lembut berpadu dengan beberapa bebatuan granit yang berdiri perkasa. Kemudian jika kamu berkunjung ke sisi utara dan selatan Pulau Pandang, maka kamu akan menemukan pantai yang didominasi oleh bebatuan dengan bentuk yang cukup unik disertai dengan ombak yang cukup besar.

Sedangkan jika kamu berkunjung ke sisi barat pulau yang menghadap ke Pulau Sumatera, kamu akan menemukan pantai berpasir putih dengan bentuk yang melengkung ke dalam layaknya sebuah teluk, dengan dihiasi oleh bebatuan. Ombak di pantai ini pun cukup tenang, sehingga memungkinkanmu untuk berenang.

Pulau salah nama

Enam mil dari situ, ada juga pulau Salah Nama. Pulau ini juga dikenal memiliki deretan pulau-pulau cantik nan eksotis yang jadi destinasi favorit bagi wisatawan, salah satunya adalah Pulau Salah Nama. Terletak di Selat Malaka, tepatnya di lepas pantai Sumatra di Kabupaten Batubara, pulau ini merupakan salah satu pulau yang luasnya kurang lebih 3 hektar saja.

Meski berukuran kecil, kawasan ini menjadi primadona bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu libur mereka. Pesona Pulau Salah Nama juga mampu membuat siapa saja yang berkunjung, tak ingin beranjak pulang, hingga kini di masa pemerintahan Zahir-Oky, pulau Ini mulai jarang dikunjungi, sebagai pasilitas diloaksinya juga sudah mulai rusak karena tidak ditata. ***Dian

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *