Bawaslu Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Sejuk dan Damai di Batubara

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara — Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batubara Allen Sitohang menyebutkan pihaknya secara lembaga mengajak kepada semua warga Batubara untuk dapat menciptakan suasana kondusif menjelang pemilu Tahun 2024 mendatang.

Dengan berpartisipasi aktif bagi masyarakat, dia meyakini penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang dapat terlaksana dengan sejuk dan dama didaerah setempat.

Permintaan tersebut disampaikan Allen Sihotang kepada zulnas.com di kediaman kantor Bawaslu Batubara Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh, Kamis (3/11/2022).

Secara tehnis, Anggota Bawaslu bidang
Kordinator Hukum pencegahan dan Partisipasi Masyarakat itu memaparkan bahwa tugas Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu telah diamanahkan oleh Undang-undang.

Tugas KPU Batubara, kata Allen melaksanakan secara tehnis penyelenggaraan pemilu dari hulu ke hilirnya, mempersiapkan logistiknya, mempersiapkan data pemilihnya, mereka juga mempersiapkan tata cara kampanye, dana kampanye sampai laporan penggunaan dana kampanye hingga selesai.

Sedangkan tugasnya Bawaslu Batubara melakukan pengawasan dan pencegahan dengan konsep penyusunan indeks kerawanan Pemilu.

Allen menjelaskan, indeks kerawanan pemilu yang dilakukan pihak Bawaslu Batubara merupakan alat pijakan agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan kondusif.

“Tugas kita itu adalah melakukan identifikasi indeks kerawanan pemilu, mulai dari pencalonan, kampanye hingga selesai pelaksanaan pemilu,” kata Allen.

Lebih lanjut Allen mengatakan, jika dua tahun belakangan ini terjadi perubahan akibat Covid-19, lalu, apakah nanti ada perubahan pelaksanaan pemilu?, kita belum tau, kita lihat saja nanti regulasinya.

Saat ini, kata Allen, KPU dan Bawaslu Batubara sedang berkonsentrasi terhadap program ferivikasi faktual terhadap partai-partai politik yang ada di Kabupaten Batubara.

Ferivikasi faktual terhadap partai politik itu dilakukan sebagai syarat bagi partai sebagai peserta pemilu untuk mengikuti pemilihan umum pada ajang demokrasi di Indonesia.

Anggota Bawaslu Kabupaten Batubara Allen Sihotang
Allen Sebut, Berita Hoax dan Money Politik Kejatahan Demokrasi

Pada kesempatan itu, Allen menjelaskan bahwa penyebaran berita Hoax dan Money Politik adalah salah satu kejahatan dalam dunia demokrasi.

Untuk itu, dia mengajak, sarana yang telah dipersiapkan pemerintah dalam pergantian kepemimpinan dengan pelaksanaan pemilu dan Pemilukada itu dapat benar-benar berjalan dengan baik, baik bagi penyelenggara, peserta pemilu dan masyarakat sehingga dapat berjalan satu langkah dalam mewujudkan pemilu sejuk dan damai di Batubara.

Tak hanya peran penyelenggaraan pemilu dan masyarakat, Allen juga mengajak kepada segenap Stakeholder seperti media juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pemilu.

Allen berpendapat, Kalau Indonesia itu mau bagus dan maju, peran media itu jangan sampai bersifat malaga, sehingga peran partisipatif dari media dapat memberikan pencerahan dan pencerdasan bagi masyarakat yang ada di Batubara, pintanya.

“Kebetulan ini gawean saya, nanti kita akan undang media untuk memberikan sosialisasi agar partisipasi pihak media juga dapat menjaga keamanan dalam penyelenggaraan pemilu di Batubara,” tegasnya. ***Dian

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *