Guna menyiapkan Tenaga Terampil, Disnaker Batubara Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

zulnas
zulnas

Zulnas.com, Batubara –Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kabupaten Batubara tahun anggaran 2020 ini akan menggelar kegiatan pelatihan berbasis kompetensi. Kegiatan penting itu dilaksanakan bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja siap pakai, handal dan mampu bersaing dalam berbagai bidang.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten (Disnaker) Batubara Rinaldi melalui Sekretaris Muhammad Idham S.Sos,I kepada zulnas.com, minggu (19/1/2020).

Bagi yang ingin mendaftar, Dinas Tenaga kerja membuka ruang bagi siapa saja, baik yang punya Ijazah maupun yang tidak punya ijazah, akan dilatih sesuai dengan bidang kemampuannya.

Setelah mengikuti rangkaian proses pelatihan, para peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda yang bersangkutan telah mendapatkan sertifikasi dari bidang keahliahannya.

Sedangkan bagi peserta yang tidak mendapatkan sertifikat, yang bersangkutan boleh mencoba untuk tahun anggaran berikutnya.

Khusus untuk peserta yang telah lulus dalam ujian kompetensi, maka yang bersangkutan akan diberikan sertifikat sebagai peserta yang telah lulus, sertifikat tersebut dapat digunakan pada saat melamar ke sebuah perusahaan. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi kontak person dibawah ini!

Sejauh ini, kata Idham, dinas yang membidangi tentang ketenaga kerjaan itu telah menyusun lima bidang pelatihan yang akan dilatih dengan tutur yang berkompeten. Lima bidang tersebut adalah bidang Pelatihan mengelas, pelatihan otomotif, pelatihan operator komputer, pelatihan menjahit, dan pelatihan bidang listrik.

Untuk persyaratan, para peserta diminta untuk menyiapkan Foto copy Ijazah, Foto kopi KTP atau resi, phas poto 3×4 enam lembar dengan latar merah, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan yang bersangkutan tidak dalam pendidikan (mahasiswa).

Untuk satu mata kegiatan, peserta berjumlah 16 orang, namun apabila jumlah pelamar lebih banyak yang mendaftar, maka kegiatan tersebut akan dilanjutkan tahun anggaran berjalan (tahun depan).

“Untuk tahun anggaran 2020, Disnaker Batubara akan melatih sebanyak 200 peserta, jika jumlah pelamar lebih dari 200, maka peserta akan dilatih tahun anggaran berjalan,” Ujarnya. ****Zn

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *