Gubsu Edy Marahi Kadis UMKM ‘Goblok’, Anggota Komisi II DPR Sebut Itu Tak Elok!

zulnas
zulnas
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus

Zulnas.com, Jakarta — Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi marah dan menyebut Kadis Koperasi dan UMKM Sumut Suherman goblok. Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menilai kalimat itu seharusnya dihindari.

“Ya tentu merasa prihatin terhadap kalimat yang disampaikan oleh seorang kepala daerah kepada bawahannya. Harusnya kalimat yang seperti itu tentu harus dihindari, bagaimana membina, mendidik, menegur bawahan itu, kan bisa dengan bahasa-bahasa yang humanis sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang tidak enak bagi yang dimarahin itu,” ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).

Guspardi mengatakan seorang kepala daerah tidak perlu marah-marah di depan umum. Apalagi, menurut dia, sampai berkata kasar agar ditakuti oleh bawahannya.

“Seorang kepala daerah memanggil saja, memberi tahu saja pasti bawahan takut kepada kepala daerah yang bersangkutan. Jadi tidak perlu marah-marah, apalagi dengan menyampaikan kalimat yang ‘goblok’ dan lain sebagainya,” kata Guspardi.

Guspardi mengatakan apa yang dilakukan Edy tak boleh dilakukan kepala daerah lain. Dia mengatakan seorang kepala daerah marah ke bawahan di depan umum merupakan hal yang tidak elok.

“Ini tentu artinya menjadi pelajaran juga bagi kepala daerah agar bisa menahan emosi, menahan sikap-sikap yang tidak atau kurang elok. Apalagi itu disampaikan di depan umum,” kata Guspardi.

“Ini bagian juga dari orang pasti menilai kepala daerah sebagai pemimpin, pemimpin dari aparatnya dan juga pemimpin masyarakatnya. Tentu pasti akan muncul penilaian terhadap yang bersangkutan. Jadi ini tentu kita harapkan kejadian ini tidak terulang lagi,” imbuhnya.

Baca Juga : Gubsu Edy Marahi Kadis UMKM: Goblok Kau!

Sebelumnya, Gubsu Edy kesal terhadap Kadis Koperasi dan UMKM Sumut Suherman. Dia menyebutkan bawahannya itu goblok.

Dilansir detikSumut, Senin (13/3/2023), Edy awalnya bercerita soal UMKM di Sumut masih kalah dibanding UMKM Yogyakarta. Dia menyatakan UMKM di Sumut belum mampu untuk mengelola penjualan dengan strategis.

“Jogja itu UMKM yang buat dia bertumbuh plus. UMKM kita di Sumut itu sembilan kali lipat banyaknya dari UMKM Jogja. Tetapi persoalan UMKM kita, hari ini jualan tapi untuk dimakan hari ini juga itu pun minus,” ujar Edy dalam acara Fast Track Digitalisasi 1.000 UMKM Sumut, Senin (13/3).

Jumlah masyarakat di Sumut, menurut dia, mencapai 16 juta orang. Namun pelaku UMKM masih tertinggal terkait digitalisasi.

“Jumlah penduduk kita itu ada 16 juta, luar biasa kita. Mulailah saya ngomel, rupanya persoalan gaptek. Kita gagap teknologi,” ujarnya.

Edy lalu mengatakan gapteknya UMKM merupakan dosa Kadis Koperasi dan UKM. Menurut dia, Suherman harus dimarahi terlebih dulu untuk mengetahui penyebab kelemahan UMKM ini.

“Yang paling berdosa ini ketua koperasi dia tak pernah berpikir apa yang mau dibuat. Ini karena dimarah-marahi, goblok kau ini. Akhirnya dicari apa kelemahannya ternyata digitalisasi,” tuturnya. ***Detik

Share this Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *